Apa perbedaan antara Realitas Virtual/ VR dan Realitas Augmentasi/ AR?

 


Perbedaan antara Realitas Virtual (Virtual Reality/VR) dan Realitas Augmentasi (Augmented Reality/AR) terletak pada cara kedua teknologi ini mempengaruhi interaksi kita dengan dunia sekitar


1. Realitas Virtual (VR): VR menciptakan pengalaman imersif yang menggantikan dunia nyata dengan lingkungan buatan. Dalam pengalaman VR, pengguna sepenuhnya terisolasi dari dunia nyata dan terlibat sepenuhnya dalam lingkungan virtual yang diciptakan oleh komputer. Pengguna menggunakan headset VR yang menutupi mata mereka dan sering kali menggunakan kontroler tangan untuk berinteraksi dengan lingkungan virtual. Contoh penggunaan VR termasuk game, simulasi pelatihan, dan wisata virtual.


2. Realitas Augmentasi (AR): AR memadukan elemen virtual dengan dunia nyata. Dalam pengalaman AR, pengguna melihat dunia nyata di depan mereka melalui perangkat seperti smartphone atau kacamata AR, dan elemen virtual ditambahkan ke tampilan nyata ini. Elemen virtual dapat berupa objek 3D, informasi tambahan, atau tampilan interaktif lainnya. Pengguna dapat berinteraksi dengan elemen virtual ini dalam konteks dunia nyata. Contoh penggunaan AR termasuk permainan seperti Pokemon Go, panduan tur virtual, dan aplikasi belanja yang memungkinkan pengguna "menempatkan" produk dalam ruang nyata mereka.


Dengan demikian, perbedaan utama antara VR dan AR adalah bahwa VR menciptakan pengalaman sepenuhnya imersif di lingkungan virtual yang terpisah dari dunia nyata, sementara AR memadukan elemen virtual dengan dunia nyata yang nyata.

LihatTutupKomentar